JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peran Guru BK dalam Memberikan Layanan Bimbingan Karir terhadap Peserta Didik Kelas XII

Andayani, Putri (Unknown)
Lubis, Ramadhan (Unknown)
Nurhayani, Nurhayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan dengan judul “Peran Guru BK Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Karir Terhadap Anak Kelas XII” yang dilatarbelakangi dengan banyaknya peserta didik saat ini yang kebingungan dalam memilih dan merencanakan karirnya setelah tamat dari sekolah. Kurangnya peran guru BK dalam memberikan layanan bimbingan khususnya karir kepada peserta didik, padahal bimbingan karir sangat dibutuhkan oleh peserta didik agar mereka tidak kebingungan dalam menentukan karirnya setelah tamat dari sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru BK dalam memberikan layanan bimbingan karir di sekolah untuk peserta didik serta faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh guru BK dalam memberikan layanan tersebut. Metodologi penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 orang peserta didik di Perguruan Islam Al-Ulum Medan, 1 guru BK, Badan Kesiswaan dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran guru BK dalam memberikan layanan bimbingan karir di sekolah tersebut sudah optimal, hal ini di buktikan oleh hasil wawancara dengan peserta didik yang sudah bisa memilih, menentukan dan merencanakan karirnya setelah tamat dari sekolah adanya program BK yang terjalankan dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...