JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Media Papan Penjumlahan dan Pengurangan terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Kelas I SDN Pedurungan Tengah 02

Diah Evi Yuliastanti (Universitas PGRI Semarang)
Sugiyanti Sugiyanti (Universitas PGRI Semarang)
Painah Handayani (SDN Pedurungan Tengah 02)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan dan menggambarkan pemanfaatan media papan penjumlahan dan pengurangan dalam pembelajaran matematika kelas I SDN Pedurungan Tengah 02. Pelaksanaan penelitian ini rendahnya minat belajar peserta didik kelas I terlihat dari kurangnya keaktifan saat pembelajaran. Metode-penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SDN Pedurungan Tengah 02. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik berbeda-beda. Bagi peserta didik yang memiliki monat minat belajar tinggi akan lebih mudah memahami materi penjumlahan dan pengurangan. Peserta-didik-dengan minat-belajar sedang menunjukkan ketertarikan terhadap pembelajaran matematika dengan media papan penjumlahan dan pengurangan meskipun terkadang merasa bosan. Sementara itu, peserta didik dengan minat belajar-rendah-cenderung cepat-merasa-bosan selama pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...