JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Pengembangan Trainer KIT Sensor dan Aktuator Berbasis PjBL terhadap Kemampuan Komunikatif dan Kolaboratif Siswa Kelas XI Teknik Elektronika Industri di SMKN 1 Jabon

Fijayanto, Ricky (Unknown)
Baskoro, Farid (Unknown)
Kholis, Nur (Unknown)
Harimurti, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikatif dan kolaboratif siswa melalui pengembangan trainer kit sensor dan aktuator berbasis PJBL terhadap siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri di SMKN 1 Jabon. Trainer kit ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, memfasilitasi pembentukan keterampilan komunikasi yang efektif serta kemampuan untuk bekerja sama dalam tim. Dengan memanfaatkan pendekatan pembelajaran berbasis proyek, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan komunikatif dan kolaboratif siswa pada saat bekerja dalam tim/kelompok. Dari hasil analisis, dapat terlihat bahwa terdapat pengaruh antara variabel independent terhadap variabel dependent. Kemudian dari hasil pengujian koefisien determinasi yang telah dilakukan, diketahui bahwa media trainer kit sensor dan aktuator berbasis PJBL berpengaruh terhadap kemampuan komunikatif dan kolaboratif siswa sebesar 13,3%. Sehingga disimpulkan bahwa media pembelajaran trainer kit sensor dan aktuator berbasis PJBL dapat dilakukan sebagai media pembelajaran yang interaktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...