JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Desain Media Pembelajaran Terintegrasi Augmented Reality pada Materi Pengenalan Alat-Alat Laboratorium Kimia Fase E SMA/MA

Khaliq, Pretty Ismi Nuriah (Unknown)
Guspatni, Guspatni (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2024

Abstract

Media pembelajaran sangat erat kaitannya dengan perkembangan teknologi yang terjadi. Salah satu teknologi yang diaplikasikan ke dalam bidang pendidikan khususnya media pembelajaran adalah augmented reality. Augmented reality merupakan suatu teknologi yang dapat seolah menggabungkan dunia nyata dengan dunia digital. Augmented reality dapat digunakan dalam berbagai mata pelajaran, termasuk kimia seperti pada materi pengenalan alat-alat laboratorium kimia. Media ini dibuat dengan menggunakan tiga software utama, yaitu Blender 3D, Easy AR dan Unity. Media ini di desain dengan menggunakan model pengembangan plomp. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran augmented reality pada materi pengenalan alat-alat laboratorium kimia yang dibatasi pada self-evaluation sehingga menghasilkan prototipe II berupa media pembelajaran yang dapat diuji lebih lanjut. Diharapkan media pembelajaran ini dapat memberikan suasana belajar yang menyenangkan dan inovatif sehingga dapat menarik minat belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...