JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peningkatan Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa Tunadaksa melalui Media Interaktif Berbasis Powtoon

Ananda, Niken Putri (Unknown)
Nurhastuti, Nurhastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2024

Abstract

Siswa SLB Kemala Bhayangkari Lintau Buo kelas VI Tunadaksa yaitu SK mengalami kesulitan saat pembelajaran pendidikan pancasila tentang nilai-nilai pancasila. Pada saat pebelajaran berlangsung guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran berbasisi powtoon yang bertujuan untuk meningkat kemampuan siswa pada nilai-nilai pancasila. Siklus I dan II penelitian digunakan untuk mengumpulkan data. Tes, observasi, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian diperoleh dari informasi yang dikumpulkan sebelum melakukan penilaian kapasitas. awal SK memperoleh persentase 16%. Pada siklus I persentase SK meningkat menjadi 71%. Siklus II presentase SK semakin meningkat menjadi 92%. Analisis data menunjukkan bahwa penggunaan powtoon sebagai alat pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa pada nilai-nilai pancasila.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...