JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Ajaib Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada Materi Keragaman Budaya Kelas 4 Sekolah Dasar

Wahdaniyah Sekar Rahma (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Muflikhul Khaq (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Nur Ngazizah (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Kotak Ajaib Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada Materi Keragaman Budaya Kelas 4. Penelitian dilakukan di SDN 1 Pangenrejo tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and Development). Model penelitian menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh adalah validasi ahli materi dan ahli media, serta angket respon murid. Analisis data dihitung menggunakan persamaan yang kemudian diubah dalam bentuk nilai dan dikategorikan ke dalam skala 5. Penelitian ini menghasilkan produk Media Pembelajaran Kotak Ajaib Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada Materi Keragaman Budaya Kelas 4. Hasil kevalidan menunjukkan skor rerata 95% dalam kategori sangat layak dan hasil menunjukkan skor rerata 90% dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut Media Pembelajaran Kotak Ajaib Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada Materi Keragaman Budaya Kelas 4 layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...