Dimensi mandiri merupakan suatu sikap yang dapat mengendalikan pikiran serta tingkah laku dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Pengkajian ini bertarget guna menganalisa profil pelajar pancasila dimensi mandiri pada pembelajaran IPAS di kelas V SD Negeri Madyotaman Surakarta. Pengkajian ini berpendekatan kualitatif serta bersubjek guru kelas V, murid serta wali murid kelas V. Data pengkajian ini dianalisa dari penghimpunan, reduksi serta penyajian data juga ditarik hasil simpulan. Hasil pengkajian menampilkan dimensi peserta didik kelas V sudah dilaksanakan namun dinilai kurang baik karena pada pembelajaran IPAS peserta didik memiliki regulasi diri tetapi tidak memiliki kesadaran diri. Hasil penelitian ini juga menunjukan yang mempengaruhi dimensi mandiri peserta didik tergolong kurang mandiri disebabkan oleh faktor lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Penelitian ini akan berkontribusi pada kemajuan ilmu pendidikan, terutama pada pengembangan profil pelajar pancasila dimensi mandiri.
Copyrights © 2024