JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Pendekatan Berdiferensiasi Menggunakan Model Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar

Indah Istiqlalia (Universitas PGRI Semarang)
Sugiyanti Sugiyanti (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama peserta didik melalui pendekatan diferensiasi dengan menggunakan model Team Game Tournament (TGT) pada peserta didik kelas V SDN Pedurungan Tengah 02 Semarang. Melihat latar belakang tersebut, masih banyak peserta didik kelas V SDN Pedurungan Tengah 02 Semarang yang belum mampu kerja sama dengan baik. Dalam pembelajaran, masih banyak peserta didik yang kurang aktif berpartisipasi dalam kelompok sehingga tidak dapat fokus dalam menyelesaikan tugas kelompok, terutama pada pembelajaran IPAS yang memerlukan kerja sama dalam pembelajaran untuk mencapai suatu tujuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan berdiferensiasi menggunakan model Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan kerjasama peserta didik kelas V SDN Pedurungan Tengah 02 Semarang. Teknik yang digunakan dalam penilitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan lembar observasi hasil kerjasama hasil perhitungan pada kegiatan prasiklus dengan hasil perhitungannya sebesar 2,4 meningkat pada siklus I yaitu dengan hasil perhitungan sebesar 3,25. Pada siklus II kembali meningkat hingga mencapai 3,9. Tingkat keberhasilannya 95% dengan kwalifikasi Sangat Baik (SB). Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan berdiferensiasi menggunakan model Team Game Tournamnet (TGT) meningkatkan kerjasama peserta didik kelas V SDN Pedurungan Tengah 02 Semarang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...