JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Implementasi Dzikir dan Do’a Setelah Sholat untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Sentra Cendekia Muslim (MI SCM) Balikpapan Selatan

Supriana, Supriana (Unknown)
Yusuf, Iskandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Pada dasarnya, saat selesai melaksanakan sholat, tentu kita akan berzikir dan berdo’a dengan berzikir kita mengingat dengan menyebut kalimat-kalimat Tasbih (Subhanallah), Tahmid (Alhamdulillah), dan Takbir (Allahuakbar) sedangkan berdo’a kita memohon atau meminta dengan khusyu dab penuh dengan pengharapan bahwa permintaan kita akan dikabulkan dengan memohon nikmat Kesehatan, keimanan, dan kemudahan dalam melakukan sesuatu. Hal ini menjadi sesuatu yang baik jika diberlakukan pada partisipan didik khususnya pada kalangan siswa dan siswi, pasalnya ketika mereka melaksanakan sholat tidak sedikit ada yang langsung mengobrol dengan teman sebelah bahkan menjahili, tentu oknum pendidik atau guru berperan aktif dalam memecahkan masalah tersebut yaitu dengan mengarahkan siswa dan siswi untuk Berzikir Dan Berdoa Setelah Sholat guna menyempurnakan ibadah yang dilaksanakan. Berzikir bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Zikir menjadi kunci ketenangan dan kebahagiaan hidup di dunia serta kesejahteraan di akhirat kelak. Nabi Muhammad saw. sebagai suri teladan umat Muslim selalu mengamalkan zikir setiap hari. Zikir perlu diketahui dan sering diamalkan seluruh umat Islam. Pasalnya, berzikir memberikan berbagai keutamaan yang sangat baik untuk seorang Muslim. Dengan berzikMr seorang muslim senantiasa akan dilimpahkan kebaikan dan mendapatkan pahala.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...