JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Peningkatan Keterampilan Menulis Hasil Belajar Teks Deskripsi melalui Media Gambar Animasi Artificial Intelligence (AI) Berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Siswa Kelas IX.4 SMP Negeri 2 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2024/2025

Anisa, Nurul (Unknown)
Andheska, Harry (Unknown)
Danur, Afrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis peserta didik melalui media gambar animasi AI berbasis culturally responsive teaching (CRT) di SMP Negeri 2 Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) serta menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Subjek penelitian terdiri dari tiga puluh lima peserta didik kelas IX.4 SMP Negeri 2 Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Penelitian dilakukan dua siklus melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Temuan utama penelitian adalah penggunaan media gambar animasi AI yang dapat meningkatkan berpikir kritis peserta didik dalam menuliskan teks deskripsi berdasarkan pembelajaran dalam pengajaran bahasa indonesia. Berdasarkan hasil penelitian keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik mengalami peningkatan dari pratindakan yang hasil sebelumnya belum mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Pada siklus I presentase ketuntasan sebesar 22,85% dan pada siklus II sebesar 82,87%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...