Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis peserta didik melalui media gambar animasi AI berbasis culturally responsive teaching (CRT) di SMP Negeri 2 Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) serta menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Subjek penelitian terdiri dari tiga puluh lima peserta didik kelas IX.4 SMP Negeri 2 Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Penelitian dilakukan dua siklus melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Temuan utama penelitian adalah penggunaan media gambar animasi AI yang dapat meningkatkan berpikir kritis peserta didik dalam menuliskan teks deskripsi berdasarkan pembelajaran dalam pengajaran bahasa indonesia. Berdasarkan hasil penelitian keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik mengalami peningkatan dari pratindakan yang hasil sebelumnya belum mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Pada siklus I presentase ketuntasan sebesar 22,85% dan pada siklus II sebesar 82,87%.
Copyrights © 2024