JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn Kelas III SD Negeri Madyotaman Tahun Pelajaran 2024/2025

Maulana, Andrian Rizal (Unknown)
Heru, Hera (Unknown)
Irmade, Oka (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar PPKn di kelas III SD Negeri Madyotaman. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah 28 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Uji prasyarat menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji paired t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest adalah 65,89 dan posttest 88,39, menunjukkan peningkatan hasil belajar. Koefisien korelasi menunjukkan hubungan kuat antara pretest dan posttest dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya, terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di kelas III SD Negeri Madyotaman Tahun Pelajaran 2024/2025.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...