Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemahaman bacaan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MTsN 4 Sijunjung. Sampel penelitian ini sebanyak 76 siswa dengan menggunakan teknik Total Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Temuan penelitian ini adalah terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman bacaan siswa. Terdapat 8 faktor yang mempengaruhi pemahaman bacaan siswa di MTsN 4 Sijunjung. Dan persentasenya adalah keterbatasan pengetahuan kosakata dengan persentase 70%, kurangnya kelancaran dengan persentase 54,66%, kurangnya keakraban dengan subjek dengan persentase 58,66%, tingkat kesulitan teks dengan persentase 56%, penggunaan strategi membaca yang tidak memadai dengan persentase 68%, penalaran verbal yang lemah dengan persentase 60%, masalah dengan pemrosesan informasi dengan persentase 67,55%, masalah dalam mengingat informasi setelah membaca dengan persentase 53,77%.
Copyrights © 2024