JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Lay Up Bola Basket dengan Memanfaatkan alat Bantu di Kelas VIII SMP Negeri 37 Semarang

Nurrohman, Ahmad Ganang (Unknown)
Kresnapati, Pandu (Unknown)
Sriyani, Sriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran bola basket materi lay up kanan. Jenis penelitian yang digunakan adalan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus meliputi; pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus pembelajaran terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, refleksi, dan rencana perbaikan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sampai mencapai target ketuntasan klasikal kelas yang ditetapkan yaitu 78%. Data penelitian berupa hasil belajar peserta didik pada materi lay up kanan. Penyajian data penelitian dalam bentuk deskriptif setelah melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor setelah menggunakan media alat bantu pembelajaran lay up. Nilai awal peserta didik pada pra-siklus dalam aspek kognitif dan psikomotor ketuntasan kelas hanya 35,29%. Setelah pelaksanaan siklus II hasil belajar peserta didik meningkat, ketuntasan kelas dalam sikap 91,17%, dalam aspek keterampilan sebesar 85,29%, dan pengetahuan mencapai 88,24%. Penggunaan alat bantu pembelajaran bola basket memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi. Peserta didik termotivasi serta lebih aktif dalam berlatih teknik dasar gerak lay up. Dapat disimpulkan bahwa penerapan alat bantu mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi lay up bola basket peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 37 Semarang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...