JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 4 SDN Sambirejo Surakarta

Faizal, Faizal (Unknown)
Trisiana, Anita (Unknown)
Restuningsih, Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran IPAS dengan materi keberagaman kebudayaan Indonesia di kelas IV SD Negeri Sambirejo Surakarta pada tahun pelajaran 2023/2024. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain satu kelompok pretest-posttest. Sebanyak 28 siswa kelas IV di SD Negeri Sambirejo Surakarta terlibat sebagai peserta penelitian, dipilih melalui teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Keterampilan berpikir kreatif siswa diukur melalui tes sebelum dan sesudah penerapan model PjBL. Uji instrumen dilakukan di SD Negeri 01 Anggrasmanis dengan 10 soal, di mana 7 soal dinyatakan valid dan 3 soal tidak valid berdasarkan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat Shapiro-Wilk dan uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 41,21 dan rata-rata posttest sebesar 78,93. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model PjBL secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri Sambirejo Surakarta pada tahun pelajaran 2023/2024. Hasil uji t mendukung hipotesis penelitian, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...