Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa MIS YPI Batangkuis” yang didasari oleh penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran masih tergolong rendah sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan membaca pemahaman pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran word square terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada kelas eksperimen, pengaruh model konvensional terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada kelas kontrol dan pengaruh perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran word square dengan model konvensional terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa di MIS YPI Batangkuis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan menggunakan metodologi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest yang melibatkan kelas kontrol dan eksperimen. Penelitian dilakukan pada populasi siswa kelas IV MIS YPI Batangkuis yang berjumlah 46 orang, yang dibagi menjadi dua kelompok secara merata, yaitu kelompok kontrol yang berjumlah 23 siswa dan kelompok eksperimen yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes sebagai teknik pengumpulan data primer. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji t diperoleh nilai sebesar 1,680. Setelah membandingkan nilai dan , diketahui bahwa lebih besar dari (3,378 > 1,680) pada taraf signifikansi 5%. Hasilnya hipotesis alternatif ( ) diterima sedangkan hipotesis nol ( ) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diuji dalam penelitian ini dapat didukung, yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran word square terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa di MIS YPI Batangkuis.
Copyrights © 2024