Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Problem Based Learning terintegrasi Culturally Responsive Teaching dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 37 Semarang pada mata pelajaran Matematika Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. PTK dinyatakan berhasil jika peserta didik yang tuntas mencapai atau melampaui 75% dan nilai rata-rata kelas mencapai 80. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Pada pra siklus, hanya 9% peserta didik yang mencapai ketuntasan dengan rata-rata nilai 45. Setelah pembelajaran siklus 1, ketuntasan meningkat menjadi 59% dengan rata-rata nilai 78. Pada siklus 2, ketuntasan mencapai 81% dan rata-rata nilai naik menjadi 88. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning terintegrasi Culturally Responsive Teaching efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2024