Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir spasial siswa menggunakan peta pada materi posisi strategis Indonesia dan potensi sumber daya alam di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Sungai Penuh. Metode penelitian menggunakan teknik eksperimen dengan desain posttest only control group desain. Sampel penelitian adalah kelas XI F sebagai kelas eksperimen dan XI G sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan uji-t (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir spasial kelas eksperimen berada pada kategori sedang dengan persentase 53,3% atau berjumlah 16 orang, sedangkan kelas kontrol berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 46,4% atau berjumlah 13 orang. Berdasarkan uji Independent Sample T-Test diperoleh taraf signifikan (sig = 0,001 <0,05), artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemampuan berpikir spasial siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, yaitu nilai 75,08 untuk kelas eksperimen dan 59,24 untuk kelas kontrol.
Copyrights © 2024