JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Profitabilitas dan Good Corporate Governance terhadap Pengungkapan Sustainability Report (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022)

Ningsih, Sulistia (Unknown)
Harimurti, Fadjar (Unknown)
Kristianto, Djoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas dan Good Corporate Governance yaitu Dewan Komisaris Independen dan Komite Audit terhadap pengungkapan Sustainability Report. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Kriteria penentuan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2022. Perusahaan yang menerbitkan Annual Report Lengkap dan Sustainability Report, didalam laporan tahunan 2020-2022 memiliki data yang diperlukan dalam variabel penelitian. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik analisis data menggunakan Analisis Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Linear Berganda, Uji t, Uji f, Uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian Uji-t 22,944 p-value 0,000 0,05 signifikan Profitabilitas-Pengungkapan Sustainability Report Uji-t 5,947 p-value 0,000 0,05 signifikan Dewan Komisaris Independen-Pengungkapan Sustainability Report Uji-t 2,837 p-value 0,006 0,05 signifikan Komite Audit-Pengungkapan Sustainability Report. Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Sustainability Report. Dewan Komisaris Independen berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Sustainability Report. Komite Audit berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Sustainability Report.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...