JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Lay Up dengan Mengunakan Metode Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kelas IX E SMP N 37 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024

Muhammad Syaifullah (Universitas PGRI Semarang)
Danang Aji Setiawan (Universitas PGRI Semarang)
Sriyani Sriyani (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan terkait hasil belajar khususnya aspek keterampilan lay up bola basket di kelas IX E SMP N 37 Semarang dengan menggunakan metode pembelajaran diferensiasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian sejumlah 32 peserta didik kelas IX SMP N 37 Semarang. Data hasil belajar didapatkan dari hasil guru pengampu mata pelajaran penjaskes kelas IX E dan penilaian yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan keterampilan gerak menggunakan metode pembelajaran berdiferensiasi. Hasil keterampilan peserta didik meningkat dari kegiatan pra siklus dengan nilai rata-rata 75 pada siklus I menjadi 82 pada siklus II kembali mengalami peningkatan menjadi 87. Presentase hasil ketuntasan pada pra siklus sebasar 41% dan meningkat menjadi 71% pada siklus I serta 91% pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan pemberian tindakan pada PTK ini telah mencapai indikator keberhasilan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...