JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengembangan Ensiklopedia Taksonomi Tumbuhan Bergambar Berbasis Potensi Lokal untuk SMA/MA

Azhary, Idral Taufiq (Unknown)
Anggereini, Evita (Unknown)
Risnita, Risnita (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2024

Abstract

Lingkungan dapat digunakan sebagai sumber belajar, apalagi pembelajaran biologi khususnya dalam pembelajaran taksonomi tumbuhan. Dengan contoh-contoh tumbuhan yang terdapat di sekitar siswa, akan membantu memahami dan mengoptimalkan pemahaman tentang taksonomi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan ensiklopedia taksonomi tumbuhan bergambar berbasis potensi lokal untuk SMA/MA, mengetahui kelayakan, serta mengetahui respon guru dan siswa terhadap produk yang di kembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Hasil penelitian ini (1) Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah ensiklopedia taksonomi tumbuhan bergambar berbasis potensi lokal. (2) menunjukkan bahwa produk ini layak diujicobakan dengan nilai 43 kategori baik untuk validasi materi dan validasi desain dengan skor 46 dengan kategori baik. (3) Uji coba kelompok kecil dan kelompok besar di peroleh nilai 264 (78%) kategori baik dan uji coba kelompok besar dengan nilai 869 (77%) kategori baik. (4) Hasil dari respon guru terhadap ensiklopedia taksonomi tumbuhan bergambar berbasis potensi lokal memperoleh skor 40 yang berarti kategori baik, respon guru yang kedua memperoleh skor 39 yang berarti baik. Dengan demikian ensiklopedia taksonomi tumbuhan bergambar berbasis potensi lokal dapat digunakan dalam pembelajaran taksonomi tumbuhan di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...