At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Vol 8, No 1 (2024): JANUARI-JUNI 2024

ANALISIS FAKTOR DALAM IMPLEMENTASI KOMPETENSI PROFESSIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN

Askoning, Askoning (Unknown)
Rizky, Tiara Apriliani (Unknown)
Kibtiyah, Asriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2024

Abstract

Kompetensi gruu di sekolah tidak sepenuhnya sesuai dengan kriteria atau persyaratan guru profesional seperti yang terjadi di SMA Al Furqon. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi kompetensi kompetensi profesional guru Al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa di SMP Al Furqon. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil beberapa simpulan, yaitu implementasi kompetensi profesional guru Al-quran di SMP Al-Furqon ditinjau dari aspek, menguasai materi, struktur dan konsep, serta pola pikir keilmuan yang mendukung kegiatan belajar mengajar, mengembangkan materi yang diajarkan dengan kreatif, mengembangkan keprofessionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, dan inovatif. Sehingga capaian-capaian program akselerasi al-quran mampu diwujudkan. Adapun faktor penghambat yang dihadapi guru al-quran dalam mengimplementasikan kompetensi professional guru untuk meningkatkan hafalan quran siswa : a) kejenuhan atas kegiatan yang monoton, b) perasaaan putus asa akan menghafalkan quran yang begitu banyak. Sedangkan faktor pendukungnya, yakni : a) adanya sarana dan prasarana yang mendukung, b) kesejahteraan guru yang diperhatikan dan c) adanya program yang terukur. Kemudian, upaya yang dilakukan guru al-quran dalam mengimplementasikan kompetensi professional untuk meningkatkan jumlah hafalan siswa di SMP Al-Furqon sebagai berikut : a) tidak melangsungkan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, untuk mengurangi kebosanan siswa, b) memotivasi mengenai hal-hal yang mudah dalam menghafalkan al-quran dan c) menjadi pengayom untuk siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

attajdid

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Fokus dan scope: jurnal At-Tajdid merupakan jurnal pendidikan dan pemikiran islam,yang diterbitkan dua kali dalam setahun periode januari – juni, dan juli-desember. At-Tajdid merupakan artikel hasil penelitian dalam bentuk penelitian pengembangan, kualitatif, kuantitatif, studi literatur, aplikasi ...