Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan profil penyelesaian soal induksi matematika pada mata kuliah Matematika Diskrit mahasiswa Pendidikan Matematika dengan 1. gaya belajar visual; 2. gaya belajar auditorial; dan 3. gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika. Subjek penelitian ini semua mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Matematika Diskrit Semester 4 yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian ini adalah: 1. Dari 10 mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual ada 67% mahasiswa dapat menyelesaikan soal induksi matematika dengan melakukan 3 langkah penyelesaian soal induksi matematika dengan tepat, ada 13% mahasiswa dapat melakukan 2 langkah penyelesaian soal induksi matematika, dan ada 20% mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan soal induksi matematika; 2. Dari 13 mahasiswa yang memiliki gaya belajar auditorial ada 85% mahasiswa dapat menyelesaikan soal induksi matematika dengan melakukan 3 langkah penyelesaian soal induksi matematika dengan tepat, ada 10% mahasiswa dapat melakukan 2 langkah penyelesaian soal induksi matematika, dan ada 5% mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan soal induksi matematika; dan 3. Profil Penyelesaian Soal Induksi Matematika Mahasiswa Pendidikan Matematika yang mengontrak mata kuliah Matematika Diskrit dan memiliki Gaya Belajar Kinestetik tidak ada
Copyrights © 2024