J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 5, No 2 (2024): JUNI

PROFIL PENYELESAIAN SOAL INDUKSI MATEMATIKA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DISKRIT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Hadiyanti, Yosefin Rianita (Unknown)
Tandililing, Pitriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan profil penyelesaian soal induksi matematika pada mata kuliah Matematika Diskrit mahasiswa Pendidikan Matematika dengan 1. gaya belajar visual; 2. gaya belajar auditorial; dan 3. gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika. Subjek penelitian ini semua mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Matematika Diskrit Semester 4 yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian ini adalah: 1. Dari 10 mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual ada 67% mahasiswa dapat menyelesaikan soal induksi matematika dengan melakukan 3 langkah penyelesaian soal induksi matematika dengan tepat, ada 13% mahasiswa dapat melakukan 2 langkah penyelesaian soal induksi matematika, dan ada 20% mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan soal induksi matematika; 2. Dari 13 mahasiswa yang memiliki gaya belajar auditorial ada 85% mahasiswa dapat menyelesaikan soal induksi matematika dengan melakukan 3 langkah penyelesaian soal induksi matematika dengan tepat, ada 10% mahasiswa dapat melakukan 2 langkah penyelesaian soal induksi matematika, dan ada 5% mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan soal induksi matematika; dan 3. Profil Penyelesaian Soal Induksi Matematika Mahasiswa Pendidikan Matematika yang mengontrak mata kuliah Matematika Diskrit dan memiliki Gaya Belajar Kinestetik tidak ada

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...