Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy dan literasi digital terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya angkatan 2022. Motivasi belajar menjadi sorotan penting dalam menunjang keberhasilan perkuliahan. Kajian teoritis menunjukkan bahwa self-efficacy dan literasi digital berpengaruh positif terhadap motivasi belajar. Namun, belum ada penelitian yang menggabungkan kedua variabel tersebut dalam konteks pendidikan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen kuesioner melalui google form yang disebarkan kepada 65 mahasiswa sebagai sampel. Data dianalisis menggunakan SPSS dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy dan literasi digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2022 Universitas Negeri Surabaya. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan self-efficacy dan literasi digital mahasiswa untuk mendorong motivasi belajar yang lebih baik dalam menghadapi tantangan perkuliahan di era digital.
Copyrights © 2024