Pesantren sebagai lembaga pendidikan memiliki potensi untuk diberdayakan. Salah satu usaha untuk memberdayakan pesantren adalah dengan membangun pendidikan pesantren yang berorientasi pada entrepreneurships untuk meningkatkan kompetensi lulusan pesantren. Tujuan penelitian ini adalah menyajikan informasi mengenai pemberdayaan pesantren melalui konsep pendidikan kewirausahaan dalam usaha meningkatkan kompetensi kewirausahaan santri. Metode penelitian berjenis kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan pesantren melalui konsep kewirausahaan telah banyak dilakukan di berbagai pesantren di Indonesia dan terbukti telah memberikan dampak positif bagi peningkatan kompetensi kewirausahaan santri dan kemandirian ekonomi pesantren. Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan di pesantren dapat dilakukan melalui empat tahapan yaitu mengenali potensi usaha pesantren, penanaman modal, peningkatan kapabilitas pengurus pesantren, dan pendidikan kewirausahaan. Untuk mengimplementasikan pendidikan kewirausahaan pesantren diperlukan kontribusi dari berbagaiĀ stakeholder seperti pemerintah, swasta, masyarakat dan perguruan tinggi
Copyrights © 2023