J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 4, No 3 (2023): OKTOBER

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Nining, Nining (Unknown)
Erlin, Euis (Unknown)
Ilmiyati, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2023

Abstract

Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang menyediakan kesempatan bagi siswa untuk melakukan aktivitas seluas-luasnya dalam belajar. Perancangan kegiatan pembelajaran yang baik diperlukan dalam menciptakan pembelajaran yang efektif, salah satu caranya adalah dengan memilih model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas (Hijrah, 2020:1-2). Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis lingkungan pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian dilaksanakan di MAN 6 Ciamis X MIA tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitain dalam penelitian berbentuk “ one grup pretest-postest design”. Penelitian ini menggunakan satu kelompok sampel yaitu seluruh siswa kelas X MIA di MAN 6 Ciamis dengan jumlah siswa 22 orang. Pengambilan data menggunakan instrument soal tes essay sebayak 8 soal dan data yang diperoleh berupa skor hasil belajar. Analisis data menggunakan uji Z dan diperoleh   sebesar 2,88 sedangkan  sebesar 2,33, dengan demikian  > , sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh implementasi model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Secara kuantitatif hasil belajar siswa menunjukan peningkatan dengan rata-rata skor pretest dan posttest diperoleh N-gain 0,39 (termasuk kategori sedang).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...