Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 9, No 1 (2024): Volume 9 Nomor 1 Edisi April 2024

PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN EMPATI SISWA DI SUMBAWA BARAT

Mustakim, Mustakim (Unknown)
Jaswandi, Lalu (Unknown)
Sari, Yanti Komala (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2024

Abstract

Dalam kehidupan ini banyak peristiwa yang lepas dari pandangan kita yang sejatinya bisa memberikan banyak pelajaran bagi hidup kita. Peristiwa  yang mengharukan maupun membahagiakan tetap memiliki arti. Kemampuan kita untuk memahami dan mengalami suatu perasaan positif dan negatif akan membantu kita memahami makna kehidupan yang sebenarnya.  Kemampuan ini  sering  disebut sebagai atribut empati. Nilai empati yang rendah serta belum mampu mengelola emosi mereka, adapun kasus-kasus yang muncul seperti etika dalam berbahasa yang masih kurang sopan, sikap saling tidak menghargai, saling mengejek, suka membuat onar, dan akhirnya terjadi perkelahian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh teknik role playing dalam meningkatkan empati siswa Sumbawa Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 57 dan sampel sebanyak 10 siswa dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket sebagai metode pokok, observasi dan dokumentasi dan wawancara sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan rumus t test. Sesuai dengan analisis data yang digunakan yaitu metode statistik dengan menggunakan rumus t-tes. Berdasarkan nilai thitung sebesar dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% pada db (N-1) = 10-1 = 9, lebih besar dari nilai ttable (>2.262) sehingga dapat dikatakan “signifikan” maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik role playing  dalam meningkatkan empati siswa di Sumbawa Barat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...