Perilaku bullying merupakan tindakan intimidasi yang dilakukan secara berulang-ulang oleh pihak yang lebih kuat terhadap pihak yang lebih lemah, dilakukan dengan sengaja dan bertujuan untuk melukai korbannya secara fisik maupun emosional. Perilaku bullying ini biasanya bersumber dari berbagai faktor, salah satu faktor yang diduga berkaitan dengan perilaku bullying adalah konsep diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara konsep diri dan perilaku bullying pada Mahasiswa Bidikmisi Universitas Halu Oleo. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 38 mahasiswa bidikmisi dan menggunakan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu skala konsep diri dan skala perilaku bullying. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat konsep diri dan prilaku bullying pada Mahasiswa Bidikmisi Universitas Halu Oleo sebagian besar berada pada kategori sedang. Data dianalisis dengan menggunakan teknik Pearson's Product Moment correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien korelasi yang diperoleh sebesar -0,483 dengan taraf signifikansi 0,002 (ρ>0,05). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara konsep diri dan perilaku bullying pada Mahasiswa Bidikmisi Universitas Halu Oleo. Kata kunci : konsep diri;mahasiswa bidikmisi;perilaku bullying
Copyrights © 2024