Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja kepala sekolah di masa pandemi covid-19 di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Populasi dan sampel adalah Kepala Sekolah di empat sekolah yang merupakan perwakilan dari masing-masing gugus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan, maka simpulan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Dampak pembelajaran via daring melibatkan seluruh pihak yang terkait seperti siswa, guru , wali murid, kepala sekolah, serta komite sekolah. Dalam hal ini, peran kepala sekolah sangat penting dalam memantau dan menjaga evisiensi kualitas belajar mengajar bagi murid selama wabah pandemi melanda. Kesiapan dan gerak cepat kepala sekolah serta kemampuan kepala sekolah dalam menciptakan suasana yang kondusif serta komunikatif di sekolah menjadi faktor yang sangat penting dalam menunjang kelancaran proses belajar mengajar disekolah. (2) Dalam hal ini efektifitas kinerja kepala sekolah sangat dibutuhkan sesuai dengan surat edaran SE Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Langkah Pencegahan Covid 19 pada Satuan Pendidikan dan SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid 19 yang bertujuan Memberikan panduan bagi Kepala Sekolah. Dalam melaksakan tugas dan fungsi kepala sekolah pada masa pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan menentukan keberlangsungan efektifitas mutu pemebajaran yang dilaksanakan. (3) Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah di keempat sekolah yang diteliti mampu mengemban tugasnya dengan baik dan efektif sesuai arahan pemerintah, kepala sekolah dikeempat sekolah yang diteliti dinilai sigap dan inovatif serta efektif dalam mengambil tindakan dan keputusan yang tepat dalam menanggulangi persamalahan yang dialami sekolah yang dipimpinnya dalam proses belajar mengajar via daring di masa pandemi covid-19 dan hal ini patut diapresiasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023