J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 9 No 2 (2024): Agustus

Perancangan asset visual sebagai langkah pertama branding (brand identity) pada social enterprise: The Design Of Visual Assets As The First Step In Branding (Brand Identity) For A Social Enterprise

Imsa, Mentari Anugrah (Unknown)
Nadia Fatimah, Anggun (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Perusahaan atau organisasi yang baru merintis memerlukan langkah awal untuk meningkatkan awareness khalayak sasarannya. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan sebagai langkah awal adalah pengembangan brand identity yang merupakan bagian dari company branding. Brand identity merupakan berbagai unsur perusahaan yang berbentuk visual seperti logo, warna, tagline, dan elemen lainnya. Tak terkecuali bagi social enterprise dari Depok, DC Coaching, yang baru saja ingin mengembangkan organisasinya yang berfokus pada pelatihan-pelatihan sosial untuk pengembangan diri. Berdasarkan hasil wawancara dan diskusi dengan menajemen DC Coaching, organisasi ini belum memiliki elemen-elemen pembentuk brand identity. Oleh karena itu pengabdian masyarakat ini berusaha membantu mendesain elemen-elemen brand identity seperti warna khas organisasi dan elemen dasar yang digunakan pada berbagai publikasi yang kemudian disebut asset visual. Metode pada pengabdian ini adalah Model ADDIE (Analyse-Design-Development-Implementation-Evaluation). Hasil dari pengabdian ini berupa design logo utama, desain 3 logo komunitas dan template Instagram untuk feeds dan story dengan karakteristik warna yang sesuai dengan mitra.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

j-dinamika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal J-DINAMIKA ini berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu, diantaranya pertanian, manajemen, teknologi informasi, sosial humaniora, kesehatan, dan semua bidang ilmu lainnya. Bentuk kegiatan pengabdian yang dipublikasikan dapat berupa penerapan ...