Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif jigsaw dalam meningkatkan keaktifan belajar pada siswa kelas XI 5 MAN 1 Barito Kuala. Metode dalam penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan 4 langkah tahapan pelaksanaan (perencanaan, aksi atau tindakan, observasi, dan refleksi) dengan sampel penelitian 30 siswa kelas XI 5. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes keaktifan belajar, dan teknik analisis menggunakan data kuantitatif dianalisis secara deskriptif serta menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menujukkan peningkatan persentase indikator keberhasilan dari pre-test 23,33% menjadi 46,67% pada siklus satu dan mengalami peningkatan menjadi 70% pada siklus dua denan target keberhasilan 70%. Dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran materi aktifitas kebugaran jasmani kelas XI 5 MAN 1 Barito Kuala melalui model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan rentang dua siklus dengan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan pelaksanaan pembelajaran berhasil dengan baik meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Copyrights © 2024