Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Vol 8, No 2 (2024): Journal of S.P.O.R.T

Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Pada Materi Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Kooperatif Jigsaw

Wahyudi, Raihan (Unknown)
Mashud, Mashud (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan  mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif jigsaw dalam meningkatkan keaktifan belajar pada siswa kelas XI 5 MAN 1 Barito Kuala.  Metode dalam penelitian  menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan 4 langkah tahapan pelaksanaan (perencanaan, aksi atau tindakan, observasi, dan refleksi) dengan sampel penelitian 30 siswa kelas XI 5. Instrumen pengumpulan data menggunakan  tes keaktifan belajar, dan teknik analisis menggunakan data kuantitatif dianalisis secara deskriptif serta menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menujukkan peningkatan persentase indikator keberhasilan dari pre-test 23,33% menjadi 46,67% pada siklus satu dan mengalami peningkatan menjadi 70% pada siklus dua denan target keberhasilan 70%. Dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran materi aktifitas kebugaran jasmani kelas XI 5 MAN 1 Barito Kuala melalui model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan rentang dua siklus dengan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan pelaksanaan pembelajaran berhasil dengan baik meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sport

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Artikel yang diterbitkan pada Journal of S.P.O.R.T melingkupi berbagai macam penelitian yang bertema olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga rekreasi. Olahraga pendidikan melingkupi : Model pembelajaran penjas, metode pembelajaran penjas, dan yang berkaitan dengan olahraga pada tingkat ...