Penelitian ini menyelidiki integrasi nilai-nilai sosial, seperti kerjasama, keterbukaan, kesetaraan, toleransi, rasa hormat, dan tanggung jawab, dalam konteks pendidikan jasmani dan olahraga. Menggunakan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group, penelitian bertujuan menguji dampak pembelajaran terintegrasi nilai sosial terhadap pemahaman siswa di SMP Negeri 2 Sukamantri. Data dikumpulkan dengan mengevaluasi nilai-nilai sosial dalam pendidikan jasmani. Analisis hasil menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok hasil, menandakan potensi pengaruh positif nilai-nilai sosial terhadap pencapaian siswa. Berdasarkan temuan tersebut, beberapa rekomendasi diajukan. Pertama, disarankan untuk mengembangkan program pembelajaran yang lebih terfokus pada integrasi nilai-nilai sosial, dengan mengidentifikasi kegiatan konkret untuk mendukung pembentukan karakter siswa. Kedua, diperlukan pelatihan dan dukungan lanjutan bagi guru guna memastikan implementasi nilai-nilai sosial dalam pengajaran pendidikan jasmani. Ketiga, partisipasi orang tua dan masyarakat dianggap esensial untuk meningkatkan efektivitas program. Saran lain melibatkan sistem pemantauan dan evaluasi berkelanjutan untuk mengukur dampak implementasi nilai-nilai sosial, penelitian lebih lanjut, dan diseminasi hasil serta praktik baik kepada komunitas pendidikan. Kolaborasi antardisiplin dengan melibatkan ahli pendidikan karakter, psikolog, dan ilmu sosial juga dianggap penting. Dengan menerapkan saran-saran ini, diharapkan menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih positif, inklusif, dan berorientasi pada pembentukan karakter siswa, memberikan kontribusi pada peningkatan hasil uji t siswa secara keseluruhan.
Copyrights © 2024