Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Vol 8, No 1 (2024): Journal of S.P.O.R.T

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN GENDER TERHADAP HASIL BELAJAR GULING DEPAN

Zialukman, Fauzi (Unknown)
Suherman, Ayi (Unknown)
Lengkana, Anggi Setia (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan gender terhadap hasil belajar guling depan siswa. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain factorial dengan populasi sebanyak 312 siswa dengan sampel 40 orang siswa kelas VII di SMP N 1 Katapang. Instrumen penelitian ini menggunakan rubrik penilaian guling depan. Data dianalisis menggunakan SPSS 2020. Hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem base learning dan Direct Intruction terhadap hasil belajar guling depan siswa SMP N 1 Katapang. Kemudian terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gender. Kesimpulan dari penelitian ini untuk peserta didik putra untuk peningkatan hasil belajar guling depan lebih baik menggunakan model pembelajaran Problem base learning sedangkan untuk peserta didik putri menggunakan model pembelajaran Direct Intruction.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sport

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Artikel yang diterbitkan pada Journal of S.P.O.R.T melingkupi berbagai macam penelitian yang bertema olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga rekreasi. Olahraga pendidikan melingkupi : Model pembelajaran penjas, metode pembelajaran penjas, dan yang berkaitan dengan olahraga pada tingkat ...