Judul penelitian ini Kepercayaan Masyarakat Tentang Berita Palsu/Hoax Di Facebook pada Pilpres 2019 dengan subjek prioritas masyarakat adalah Kota Sukabumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penyebaran berita bohong melalui media sosial Facebook dan mengetahui kepercayaan masyarakat Sukabumi terhadap pemberitaan di media sosial khususnya berita bohong. Teori yang dianggap relevan dalam penelitian ini adalah komunikasi massa, media massa, media sosial, hoax, Teori literasi media, Teori efek media dan Teori perbedaan individu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan paradigma konstruktivis. Peneliti menggunakan lima informan yang seluruh masyarakatnya berasal dari Kota Sukabumi yang terdiri dari pelajar, guru, pegawai umum dan pengusaha. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah saat ini banyak sekali bentuk berita bohong yang ada di Facebook terkait pemilu presiden yang paling sering dilihat oleh masyarakat Sukabumi. Penyebaran berita bohong juga mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap berita di media sosial sehingga masyarakat mempunyai pandangan tersendiri terhadap berita yang ada di media sosial. Mengecek kebenaran suatu berita yang dilihat di media sosial merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk memastikan apakah berita tersebut fakta atau palsu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024