Potensi pengembangan porang di Indonesia masih sangat besar. Selama ini, di Indonesia porang hanya di olah hingga bentuk chips kering, belum menjadi produk akhir. Sedangkan produk akhir dari olahan porang sejatinya memiliki harga yang tinggi. Melalui potensi-potensi tersebut, petani porang di desa Kamal Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo berinisiatif mengolah porang menjadi produk olahan yang bernilai tinggi juga bergizi tinggi. Sahabat Petani Porang Sukoharjo (SPPS) merupakan perkumpulan dari petani-petani porang yang memproduksi porang dari budidaya hingga kemudian di olah menjadi berbagai produk seperti beras porang, mie porang, tepung glukomanan. Strategi pemasaran utama yang disimpulkan adalah penerapan pengendalian mutu dengan menerapkan cara produksi pangan yang baik, agar menghasikan produk yang higienis. Strategi kedua adalah perluasan jangkauan pemasaran hingga ke pasar ekspor, dengan cara promosi di media sosial menggunakan brosur dan bergabung ke dalam platform pemasaran online seperti shopee karena telah mendukung ekspor produk UMKM. Adapun saran untuk lanjutan kegiatan adalah dilaksanakannya penelitian bertema strategi pemasaran yang mendalam yang merinci faktor-faktor internal eksternal yang dimiliki SPPS.
Copyrights © 2023