Jurnal Citra Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2024): Jurnal Citra Pendidikan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS ( ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TEMATIK DI KELAS IV SDK MATAIA KECAMATAN GOLEWA KABUPATEN NGADA

Liza, Maria Benedikta (Unknown)
Wau, Maria Patrisia (Unknown)
Kaka, Pelipus Wungo (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Liza, Maria Benedikta (2020), Penerapan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) untuk Meningkatkan Minat Belajar Tematik Di Kelas IV SDK Mataia Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada . Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Citra Bakti Ngada.Skripsi ini telah disetujui dan telah diperiksa oleh pembimbing I: Maria Patrisia Wau, SE.,M.Pd dan pembimbing II: Pelipus Wungo Kaka, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa melalaui penerapan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menurut Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subiek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDK Mataia Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada sebanyak 10 orang yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian dengan menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitisn siklus I belum mencapai ketuntasan dengan rata-rata 61,50% dengan ketuntasan klasikalnya 20% yang berada pada kategori cukup baik, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan mencapai rata-rata minat belajar 84,20% dengan ketuntasan klasikalnya 100% yang berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahawa terjadi peningkatan presentasi minat belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 22,70%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARCS dapat meningkatkan minat belajar pada Siswa Kelas IV SDK Mataia Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcp

Publisher

Subject

Arts Chemistry Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal Citra Pendidikan (JCP) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. Jurnal Citra Pendidikan (JCP) didekasikan untuk karya tulis berupa kajian pustaka, hasil penelitian, dan kajian meta-analisis dalam bidang pendidikan dan ilmu ...