Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam belajar membaca dan menulis permulaan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDI Rutosoro berjumlah enam siswa terdiri dari 3 laki-laki dan 3 perempuan yang peneliti jadikan sebagai sampel. Objek dari penelitian ini adalah kesulitan membaca dan menulis permulaan siswa kelas II di SDI Rutosoro. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Seluruh siswa kelas II SDI Rutosoro dengan jumlah siswa adalah 22 siswa, dari 22 siswa tersebut 6 siswa mengalami kesulitan membaca dan menulis. Hasil dari penelitian tersebut adalah; 1)siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan yaitu siswa belum mengenal huruf, tidak lancar dalam membaca, sulit membedakan huruf yang mirip; 2) siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis yaitu lambat dalam mengimpulkan tugas, menulis huruf terbalik adanya penghilangan huruf atau kata dalam menulis. Kesulitan membaca dan menulis dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor lingkungan keluarga kurang mendapatkan perhatian dari orang tua, pendampingan dan pengawasan. Solusi dalam mengatasi masalah tersebut guru harus menggunakan media yang menarik, guru juga harus berkerja sama dengan orang tua dalam memantau perkembangan siswa.
Copyrights © 2024