Segala bidang kehidupan sekarang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat. Kemajuan ini memungkinkan jumlah data yang sangat besar dan beragam diakses dari berbagai bidang kehidupan, termasuk industri, ekonomi, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Banyak hal yang mendorong kemajuan luar biasa dalam data mining .Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk memudahkan mengetahui hasil prediksi dengan metode klasifikasi menerapkan data mining pada data penjualan dan transaksi penjualan dan mengetahui sejauh mana algoritma naive bayes untuk menghasilkan informasi atau pengetahuan baru yang dapat membantu peningkatan penjualan produk yang baik, efisien, dan efektif dalam menghadapi pesaing bisnis lainnya dan menambah omset penjualan untuk tiap bulannya.Berdasarkan hasil Analisa pada penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil prediksi dalam menetukan penjualan produk , dari pengujian yang dilakukan dengan membandingkan data training dengan data testing menggunakan tools RapidMiner menunjukkan bahwa algoritma Naïve Bayes menghasilkan akurasi yang sangat tinggi, terbukti dengan akurasi sebesar 98,98%.
Copyrights © 2024