Jurnal Zarah
Vol. 11 No. 2 (2023): Jurnal Zarah

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA PRAKTIKUM KIMIA DASAR

marisa, marisa (Unknown)
Lisa Fradisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini untuk mengembangkan modul kimia dasar inkuiri terbimbing yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D), yaitu penelitian yang menghasilkan produk tertentu. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah model 4D yaitu define, design, develop, disseminate. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang terdiri dari lembar validitas dan lembar kepraktisan serta tes hasil belajar pada kemampuan praktikum kimia dasar. Modul praktikum kimia dasar divalidasi oleh tiga orang validasi yang terdiri dari tiga dosen yaitu 1 dosen kimia UNP, 2 dosen kimia Universitas Perintis Indnesia. Uji kepraktisan dilakukan oleh dua dosen kimia dan 30 mahasiswa program studi D III Analyzer. Hasil analisis validitas lembar, kepraktisan dosen dan kepraktisan mahasiswa menunjukkan skor rata-rata momen kappa (k) berturut-turut adalah 0,94, 092 dan 0,78. Ketiga nilai tersebut jika diinterpretasikan dalam kategori momen kappa, maka kategori validitas dan kepraktisan modul ini sangat tinggi, dan kepraktisan siswa dalam kategori tinggi. Modul yang berhasil dikembangkan sangat valid dan praktis digunakan untuk laboratorium kimia dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

zarah

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Zarah menerbitkan artikel hasil penelitian, pengembangan, dan kajian literatur tentang berbagai topik dalam bidang Pendidikan Kimia dan Ilmu ...