MUNTAZAM: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Vol 5 No 1 (2024): MUNTAZAM Vol. 5 No 1 Tahun 2024

Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Religius Siswa

Malik, Wildan Maulana (Unknown)
Sulistyorini (Unknown)
Efendi, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Pendidikan dalam ajaran Islam mempunyai fungsi untuk membimbing serta mengarahkan peserta didik supaya mampu menerima amanah baik sebagai hamba maupun khalifah. Kepala madrasah perlu melakukan suatu pembiasaan dengan memasukkan nilai-nilai keagamaan pada setiap kegiatan lembaga agar mampu membentuk budaya religius. Budaya tersebut perlu ditekankan dalam lembaga pendidikan Islam karena terdapat sekumpulan nilai agama yang melandasi atas perilaku, kebiasaan dan simbol-simbol dari warganya. Tujuan kepenulisan artikel ini untuk mengkaji terkait bagaimana pola kepemimpinan kepala madrasah dalam membangun budaya religius peserta didiknya. Metode penulisan artikel memakai studi pustaka dengan cara menggali tulisan-tulisan yang tersedia namun disesuaikan terhadap fokus penelitian. Model analisis isi digunakan untuk mengolah data dengan cara menganalisis makna dari sumber-sumber yang sudah diperoleh. Hasil penelitian telah membuktikan bahwa kepala madrasah mempunyai peran untuk mengarahkan seluruh sumber daya dalam lembaga supaya bisa menciptakan tingkat produktivitas yang tinggi. Penanaman akhlak mulia pada siswa bisa diketahui dari adanya pembiasaan religius dalam madrasah seperti sholat berjama’ah, membaca Al-Qur’an, berbusana muslim, menebar tali persaudaraan dan lain sebagainya. Kepala madrasah perlu menerapkan tiga strategi ketika akan membangun budaya religius tanpa memandang latar belakang dari siswanya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

muntazam

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Muntazam : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Muntazam berfokus pada pengembangan studi manajemen pendidikan Islam yang dilakukan melalui riset pustaka dan riset lapangan.  Ini ...