Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS melalui strategi pembelajaran scaffolding guna mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik. Subjek penelitian ini terdiri dari 26 peserta didik kelas V SDN Kepatihan 05 Jember. Jenis penelitian ini yaitu PTK dengan empat prosedur yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, mengamati, dan analisis serta refleksi. Teknik pengumpulan data kualitatif diambil dari observasi dan dokumentasi. Data kuantitatif diambil dari tes peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar peserta didik. Pada siklus 1 pembelajaran IPAS sebanyak 21 peserta didik yang tuntas dengan nilai KKM 70 yang memiliki persentase ketuntasan klasikal 81%. Pada siklus 2 dilakukan tindakan sebanyak 24 peserta didik yang tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 92% dengan KKM 70. Hal ini menyatakan bahwa penerapan strategi pembelajaran scaffolding dapat menciptakan pembelajaran yang berpihak bagi peserta didik melalui adanya peningkatan dari hasil belajar IPAS.Keywords: Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Scaffolding, IPAS
Copyrights © 2024