JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education)
Vol 8 No 1 (2024): JTIEE

PENERAPAN MEDIA QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Utami, Ayuningsih Tri (Unknown)
Syah, Muhammad Fahmi Johan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan media quizizz dalam meningkatkan keaktifan belajar IPAS peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitan ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri Pucangan 3. Tahap penelitian ini dimulai dari tahap pra siklus, kemudian tahap siklus 1, dan selanjutnya tahap siklus 2. Tahap pra siklus yaitu tahap mengobservasi keaktifan peserta didik sebelum melakukan penerapan media quizizz. Tahap siklus 1, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tahap siklus 2 sama seperti siklus 1, namun lebih menyempurnakan pelaksanaan tindakan pada siklus 1. Teknik pengumpulan data ini melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analaisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan belajar IPAS peserta didik kelas V pada pra siklus terdapat skor rata-rata 57,50 dengan rentang 0-100. Pada siklus 1, peneliti melakukan penerapan media quizizz pada pembelajaran IPAS dan terdapat kenaikan keaktifan belajar IPAS peserta didik kelas V menjadi 78,47 dengan rentang 0-100. Berdasarkan siklus 1, terdapat perbaikan peneliti dengan penambahan soal quizizz dan penyempurnaan media quizizz yang lebih variatif hingga keaktifan belajar IPAS peserta didik kelas V menjadi 84,22 dengan rentang 0-100. Sehingga penerapan media quizizz dapat meningkatkan keaktifan belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri Pucangan 3. Kata Kunci: Quizizz, Keaktifan Belajar, IPAS, Sekolah Dasar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jtiee

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

This journal facilitates teachers and researchers to publish their articles based on research, review, and practice. Topics for the articles published by this journal are teaching media, strategies, models, plans, evaluations and technologies especially in elementary ...