Penelitian yang dilakukan ini dilatarbelakangi dengan adanya keanekaragaman yang terjadi di Sekolah Dasar Katolik (SDK) Marga Bhakti. Dengan adanya keanekaragaman ini hendaknya para peserta didik SDK Marga Bhakti dapat menyikapinya dengan cara yang bijaksana. Namun, dalam realitasnya tidak seperti yang diharapkan. Banyak peserta didik yang tidak bisa bersikap bijaksana dengan keanekaragaman yang ada. Penelitian ini menggunakan metode observasi dengan subjeknya adalah siswa/siswi SDK Marga Bhakti terkhusus siswa/siswi kelas VI. Untuk itu, peneliti sangat mengharapkan bahwa Pendidikan Agama Katolik dapat berperan di dalamnya. Hendaknya Pendidikan Agama Katolik selain dapat memperkuat iman para peserta didik juga dapat menanamkan nilai-nilai karakter para peserta didik. Salah satu nilai karakter yang harus ditanamkan adalah toleransi. Sehingga didapatkanlah sebuah rumusan masalah dalam penelitian ini. Yaitu, mengapa peserta didik itu perlu untuk mengembangkan nilai-nilai toleransi di SDK Marga Bhakti dan sejauh mana peran Pendidikan Agama Katolik dapat membentuk sikap toleransi peserta didik SDK Marga Bhakti.
Copyrights © 2023