Online shop semakin populer di kalangan mahasiswa pastoral. Mahasiswa merasa lebih efektif, murah, praktis dan mudah untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Penggunaan e-commerce juga dapat mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa. Perilaku konsumtif merujuk pada kecenderungan mahasiswa melakukan pembelian barang secara berlebihan, terlepas dari kebutuhan yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan online shop Lazada terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pastoral di asama Paulus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sampel sebanyak 10 mahasiswa. Fokus utama penelitian deskriptif adalah pada pemahaman masalah aktual yang ada pada saat penelitian dilakukan, dengan tujuan untuk memberikan deskripsi yang akurat dan komprehensif. Temuan penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan online shop pada e-commerce Lazada dengan perilaku konsumtif mahasiswa pastoral. Penelitian ini menyarankan perlunya pendidikan pengelolaan keuangan dan promosi perilaku pembelian yang bijak di kalangan mahasiswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang penggunaan online shop dan perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa pastoral.
Copyrights © 2023