JoEMS : Journal of Education and Management Studies
Vol 7 No 4 (2024): Agustus

Pembelajaran Higher Order Thinking Skills Pelajaran Akidah Akhlak di MtsN Kota Batu

Lilawati, Emi (Unknown)
Ni“mah, Alfi Khoirun (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Berpikir kritis dikembangkan melalui pembelajaran berbasis HOTS. Berpikir kritis memerlukan pelatihan dalam pengenalan pola, penjelasan, hipotesis, generalisasi, dan bukti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dilaksanakan, pendekatan dan evaluasi apa yang digunakan, bagaimana siswa memahami pembelajaran, dan apa saja kendala yang timbul berdasarkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada kurikulum mandiri tentang keyakinan moral untuk siswa kelas 8 A di MTs Negeri Kota Batu. Penelitian Tiff bersifat deskriptif kualitatif. Kendala penelitian meliputi 30 siswa kelas 8 A di MTs Negeri Kota Batu. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menemukan bahwa (1) pembelajaran ini berhasil. (2) Pembelajaran ini menggunakan pendekatan yang bervariasi dan dievaluasi dengan ulangan harian, mengulang konten, dan ulangan akhir semester. (3) Siswa memahami pelajaran ini dengan baik, namun beberapa masih kesulitan menerimanya. (4) Siswa yang belum siap belajar dan guru yang belum memahami pembelajaran berbasis HOTS pada kurikulum mandiri tentang pandangan moral menjadi kendala dalam pembelajaran ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joems

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Journal of Education and Management Studies Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (JoEMS) provides a media to publish scientific articles as a result of research and development in social and political fields. JoESM publishes research, development and review articles in social and political fields with ...