Pendidikan sebagai salah satu aspek dalam kehidupan manusia merupakan salah satu hal yang berkembang beriringan dengan pertumbuhan peradaban manusia. Dinamika perubahan yang terjadi pada sebuah masa tentunya akan mempengaruhi metode-metode yang digunakan dalam pendidikan anak sekolah dasar. Pihak sekolah tentunya akan dituntut untuk menyeleksi setiap metode pembelajaran terkhusus metode yang sekiranya mampu membekali kemampuan sosial siswa dalam menjalani kehidupannya. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami metode pembelajaran kolaboratif sebagai salah satu metode yang mengasah keterampilan sosial siswa di tingkat sekolah dasar. Apa pengaruh penerapan metode pembelajaran kolaboratif terhadap pengembangan keterampilan sosial siswa di tingkat sekolah dasar? Bagaimana perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang belajar melalui metode pembelajaran kolaboratif dibandingkan dengan siswa yang belajar secara konvensional di sekolah dasar? Penelitian ini kemudian mendeskripsikan terkait langkah implementasi metode pembelajaran kolaboratif terhadap keterampilan sosial siswa.
Copyrights © 2022