Journal of Progressive Innovation Library Service (JPILS)
Vol. 3, No. 2 (2023): Oktober

MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA DI SD INPRES BORISALLO

Supardi, R (Unknown)
Najol, Priska Vivinda (Unknown)
Ichsan, Ichsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2023

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan kepada anak-anak Sd Inpres Borisallo.Kec.Parang Loe,Kab.Gowa Kota Makassar Sulawesi Selatan. Proyek ini merupakan luaran yang berpusat pada pelaksanaan program kampus mengajar yang bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan budaya gemar membaca siswa /siswi yang memiliki kemampuan membacanya yang berbeda-beda.Mulai dari tingkat kemampuan membaca yang lambat,sedang dan cepat melalui beberapa program yang menarik berupa terbentuknya kelas literasi untuk siswa/siswi yang kemampuan membacanya rendah,pojok sekolah,sudut baca dikelas,penataan buku,mading sekolah dan kamis manis untuk menumbuhkan budaya minat baca siswa.Program ini berlangsung selama 4 bulan penugasan dengan beberapa tahapan yaitu (1) Observasi awal kegiatan (2) tahap inplementasi yang merupakan tahapan pendampingan belajar siswa (3) tahap evaluasi merupakan tahap penilaian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa efisien program kerja yang sudah dilaksanakan bagi siswa,apakah program yang sudah dilaksanakan membawa perubahan bagi kemampuan literasi dan ada manfaatnya bagi siswa.Dengan terlaksananya program ini diharapkan dapat membantu siswa/siswi di Sd Inpres Borisallo menumbuhkan budaya membaca dan mampu menimba ilmu yang lebih luas untuk kedepannya.Kata Kunci: 1.literasi 2.gerakan literasi, 3. Budaya membaca

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPILS

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Focus and Scope: Manajemen Perpustakaan; Etika Profesi Pustakawan; Layanan Perpustakaan; Teknologi Informasi Perpustakaan; Perpustakaan dan Media Sosial; Big Data dan Data Analytics; Manajemen Koleksi Perpustakaan dan Arsip; Open Access, Open Data dan Data Management; Literasi Informasi; Preservasi ...