Journal of Progressive Innovation Library Service (JPILS)
Vol. 3, No. 2 (2023): Oktober

PENGUATAN LITERASI DIGITAL MARKETING DAN PRODUCT PHOTOGRAPHY BAGI UMKM DI DESA BAREJULAT

Satirah, Baiq Azqiana (Unknown)
Rismayani, Rismayani (Unknown)
Widayanti, Baiq Harly (Unknown)
Ayu Hapsari, Nurul Fikriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2023

Abstract

Desa Barejulat merupakan desa di Kecamatan Jonggat yang paling banyak masyarakatnya bekerja ke luar negeri sebagai TKI ataupun TKW dengan jumlah mencapai 607 orang. Padahal jumlah UMKM di Desa tersebut mencapai 273 UMKM. Dari segi jumlah UMKM seharusnya dapat membuka peluang lapangan pekerjaan yang lebih banyak. Namun, banyak UMKM yang sulit berkembang karena kurang mengikuti perkembangan zaman. Terbatasnya ketersediaan lapangan pekerjaan merupakan salah satu faktor pendorong masyarakat memilih untuk menjadi TKI atau TKW. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berupa pelatihan digital marketing dan product photography merupakan upaya yang dapat dilakukan guna meningkatkan kapasitas UMKM yang ada di desa tersebut sehingga dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi dan mendorong perkembangan UMKM. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan Participation Action Research (PAR) yang dilaksanakan dengan adanya partisipasi masyarakat melalui adanya sosialisasi serta pemberian materi dan pelatihan.  Hasil dari kegiatan ini di antaranya adalah peningkatan pengetahuan masyarakat tentang digital marketing dan juga dasar dalam melakukan product photography.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPILS

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Focus and Scope: Manajemen Perpustakaan; Etika Profesi Pustakawan; Layanan Perpustakaan; Teknologi Informasi Perpustakaan; Perpustakaan dan Media Sosial; Big Data dan Data Analytics; Manajemen Koleksi Perpustakaan dan Arsip; Open Access, Open Data dan Data Management; Literasi Informasi; Preservasi ...