Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas)
Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PAMAS)

Racuni UMKN Desa Beruas dengan Desain Logo Toko Menarik Melalui Pelatihan Canva

Lathiifah, Iis Juniati (Unknown)
Martahayu, Vika (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Berkembangnya suatu desa ditentukan oleh melesatnya penghasilan warga masyarakat desa. Salah satu hal yang dapat menunjang pertumbuhan pendapatan di suatu desa adalah potensi desa itu sendiri. Salah satu potensi yang menarik dari desa Beruas adalah adanya masyarakat yang bertani beras ungu. Hal ini menarik karena masih jarang desa yang bertani beras ungu. Namun, Petani beras ungu, bersama kepala desa masih kesulitan dalam memasarkan dan memperkenalkan beras ungu ini. Selain itu, masih belum ada produk olahan yang dapat dihasilkan dari beras ungu. Sehingga pemasaran beras ungu hanya dilakukan dari mulut ke mulut. Melihat potensi dan permasalahan yang diceritakan oleh petani beras ungu maupun pihak desa, tim pengabdian merasa tertarik untuk menggali lebih jauh aneka olahan beras ungu yang dapat dipasarkan secara luas. Kegiatan pengabdian menggunakan metode pelatihan yang bertujuan untuk membantu masyarakat membuat desain logo dan kemasan dagang menggunakan aplikasi canva. Peserta merupakan kelompok UMKN yang ada di desa Beruas, Bangka Barat. Setelah dilaksanakan pelatihan, peserta dapat menghasilkan masing-masing desain merk toko maupun merk kemasan yang disesuaikan dengan produk peserta masing-masing. Peserta juga memiliki pengalaman dalam memilih kemasan, mengemas dan memasarkan produk melalui media pemasaran online. Kata Kunci: Desain, Merk, UMKN, Canva

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PAMAS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science

Description

Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PAMAS) dengan E-ISSN : 2685-6301 diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat ini terbit dua kali setiap tahun, yakni pada bulan April dan ...