Pengabdian ini bertujuan untuk menjelaskan cara mengembangkan pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsS Bipda Sukajadi. Metode yang di gunakan dalam Pengabdian ini menggunakan teknik wawancara dengan menyebar kuisoner yaitu dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan tertulis kepada responden untuk dijawabnya, dan diberikan secara langsung. Adapun sumber objek penelitian ini adalah guru di MTsS Bibda Desa Sukajadi Serdang Bedagai yang berjumlah 5 orang. Sedangkan yang menjadi pengamatan dalam penelitian ini adalah Murid MTsS Bibdah Desa Sukajadi Serdang Bedagai yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara mengembangkan pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MTsS Bibda maka kepala sekolah dan guru telah membuat program sekolah berupa pembiasaan yang berkaitan dengan nilai-nilai religius, adapun faktor penghambatnya adalah setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan motivasi yang berbeda pula sehingga guru mengalami kesulitan dalam mengkondisikan siswa dalam belajar. Sedangkan pendukungnya adalah sarana dan prasarana yang memadai dan media pembelajaran yang cukup lengkap serta didorong dengan kompetensi guru yang cukup baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pendidik dan tenaga kependidikan untuk melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran yang terkait dengan pembentukan karakter siswa. Kata Kunci: Pendidikan karakter, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tsanawiyah
Copyrights © 2024