Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran remaja awal penggemar game online Mobile legend, faktor penyebab dan dampak sosial game online Mobile legend pada remaja awal, serta solusi dari orang tua dan pemerintah desa untuk mengatasi dampak negatif dari game online Mobile Legend. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dangan sumber data subjek dan informan penelitian. Penentuan subjek dan informan dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara untuk teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan; (1) Sebaran remaja awal penggemar game online Mobile legend di Desa Lendang Nangka di lihat dari status pekerjaan orang tuanya di dominasi oleh remaja awal yang orang tuanya bekerja sebagai pedagang dan petani (2) Faktor penyebab yaitu 1). faktor internal yaitu Relationship, Achivmen, Immersion, Escapism dan Kurang berkegiatan, 2). Faktor eksternal yaitu, Lingkungan sekitar, Fitur dalam game, Kurang perhatian dari orang terdekat. (3) Dampak sosial yaitu sebagian kecil dampak Positif dan sebagian besar dampak negative.(4) Solusi dari orang tua dan pemerintah desa yaitudengan melakukan tindakan prefentif dan refrensif. Kata kunci : Game Online, Mobile Legend, remaja Awal
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023